Selasa, 15 November 2016

Soal Matematika Ini Bikin Bingung dan Mengundang Perdebatan Banyak Orang


Bingung! Soal Matematika Ini Mengundang Perdebatan Banyak Orang

Ya, dalam menjawab soal-soal matematika memang dibutuhkan kejelian dan ketelitian agar jawaban yang diperoleh tepat dan benar. Selain itu, banyak juga soal matematika yang mengharuskan kita bermain dengan logika dan penalaran untuk bisa menjawabnya.

Seperti soal matematika yang sedang menjadi bahan perdebatan di media sosial ini, baru-baru ini sedang viral di media sosial tentang gambar soal matematika untuk sekolah dasar.

Soal tersebut memang terlihat sepele, namun ternyata untuk menjawab soal tersebut membutuhkan ketelitian yang sangat baik. Soal tersebut diposting oleh seorang pengguna Facebook, didalamnya terdapat soal cerita yaitu:

"Sendok yang digunakan untuk makan ada 6. Ibu masih mempunyai 14 sendok yang belum dipakai. Jadi berapa jumlah sendok ini, ayo?", bunyi soal tersebut.

Bingung! Soal Matematika Ini Mengundang Perdebatan Banyak Orang

Melihat soal itu, pasti banyak orang akan langsung menjawab soal tersebut dengan hasil 20. Karena menurut soal tersebut, sendok yang digunakan untuk makan ada 6, sedangkan ibu masih memiliki 14 sendok lagi. Sehingga 6+14=20, benar? ternyata salah.

Itu juga jawaban dari salah seorang murid yang mengerjakan soal tersebut, tapi menurut sang guru jawaban itu salah. Karena dianggap salah, maka sang guru memberikan jawaban yang benar di samping jawaban salah milik muridnya itu.

Guru tersebut memberikan jawaban bahwa jawabannya adalah jumlah sendok yang masih dipunyai ibu yaitu 14 dikurangi sendok yang dipakai makan yaitu 6. Jadi 14 - 6 = 8. Disinilah banyak orang yang memperdebatkan antara jawaban guru dan muridnya itu.

Nah, kalau kamu jago dalam hal matematika dan logika, menurut kamu jawaban yang benar itu seperti apa? Jawab di komentar ya.

sumber : www.makintau.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar